Awas Bencana! Yuk, Selamatkan Anak Kita!

Oleh: admin - November 30 -0001 0 Komentar

Tidak bisa dipungkiri bahwa Yogyakarta merupakan salah satu daerah rawan bencana. Dalam kurun waktu 1 dekade ini, banyak bencana alam yang terjadi di Yogyakarta. Seperti gempa, gunung melutus (erupsi), banjir dan beberapa bencana yang terjadi karena ulah manusia seperti kebakaran.

Korban dari bencana itu sendiri hampir menimpa seluruh lapisan masyarakat. Mulai dari orangtua hingga anak-anak.

Anak-anak merupakan salah satu kelompok rentan yang wajib diselamatkan terlebih dahulu ketika terjadi bencana. Hal ini telah termaktub pada UU PA No. 35 tahun 2014, di mana anak memiliki 4 hak dasar salah satunya hak atas perlindungan. Hak atas perlindungan itu sendiri meliputi 3 (tiga) hal, yakni perlindungan dari kekerasan, perlindungan dari hukum dan perlindungan dari bencana. Oleh karena itu, anak-anak wajib kita selamatkan terlebih dahulu ketika terjadi bencana.

Ada beberapa tindakan yang harus dilakukan orangtua dalam menghadapi bencana yang akan terjadi. Mulai dari tindakan preventif, mitigasi bencana hingga tindakan pasca bencana.

Pada tindakan preventif, orangtua dapat membekali anaknya berupa cara-cara menghindari diri ketika bencana alam terjadi. Hal ini juga dapat mengantisipasi ketika anak-anak di luar jangkauan orangtua. Pada bencana gempa bumi misalnya, berikan informasi ke anak-anak untuk menjauhi tempat tinggi, lari di tempat yang lapang dan sembunyi di bawah meja ketika tidak mampu untuk lari keluar. 

Pada saat mitigasi bencana, anak haruslah menjadi prioritas utama untuk diselamatkan. Namun, ada catatan penting yang harus diperhatikan yaitu rangtua yang menolong haruslah dalam kondisi yang sehat dengan fisik yang kuat.

Nah, pada saat pasca bencana orangtua dapat melakukan trauma healing kepada anak. Yaitu dengan memberikan hiburan atau hal-hal yang mampu menenangkan anak sehingga tidak trauma lagi terhadap bencana yang telah menimpa.

Semoga dengan informasi yang sedikit ini dapat menambah ilmu secukupnya! Buat kamu anak-anak, yuk beritahu orangtua tentang tindakan-tindakan di atas! Buat orangtua, yuk lakukan, implementasikan hak anak, hak atas perlindungan pada anak khususnya.

-Ferian Fembriansyah

 

Tambah Komentar

Komentar Pembaca 0


Mitra Kami