Kampung Ramah Anak RW 09 Patangpuluhan

Oleh: admin - September 21 2015

Sebagai upaya pemenuhan Hak-Hak Anak, berlandaskan pada UU No.23 Th.2002 tentang Perlindungan Anak, maka disusunlah kebijakan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) yang ditetapkan melalui Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan No.2 Th.2009 tentang Kebijakan Kabupaten/Kota Layak Anak.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan Republik Indonesia telah dua kali menganugerahi Penghargaan Nasional Kota Layak Anak kepada Pemerintah Kota Yogyakarta sebagai salah satu kota terbaik dalam upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak melalui pengembangan Kota Layak Anak (KLA), dengan kategori Pratama (tahun 2009) dan Kategori Madya (tahun 2012).

Pada perkembangannya, Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Kantor Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan Kota Yogyakarta bekerjasama dengan Gugus Tugas Kota Layak Anak aktif melakukan pendampingan pengembangan Kampung Ramah Anak di setiap kelurahan, termasuk Kelurahan Patangpuluhan.

Pada tahun 2013, dalam proses Evaluasi dan Monitoring yang mengacu pada 61 point indikator Kampung Ramah Anak sebagai ukuran penilaian, RW 09 Patangpuluhan berhasil mencapai skor 184 point dan meraih predikat Utama, selanjutnya ditetapkan menjadi salah satu kampung rintisan Kampung Ramah Anak dari 46 wilayah yang tersebar di 45 Kelurahan.

Kampung Ramah Anak (KRA) adalah pembangunan yang berbasis dari RW, yang menyatukan komitmen dan sumberdaya lokal, masyarakat dan dunia usaha yang berada di lingkungan setempat, dalam rangka menghormati, menjamin, dan memenuhi hak anak, melindungi anak dari tindak kekerasan, eksploitasi, pelecehan dan diskriminasi, dan mendengar pendapat anak, yang direncanakan secara sadar, menyeluruh dan berkelanjutan. (BAB III: Pengertian Kampung Ramah Anak Petunjuk Teknis KRA Kota Yogyakarta, Tahun 2013).

Untuk mendukung terbangunnya Kampung Ramah Anak, dibentuklah Tim Gugus Tugas KRA RW 09 Patangpuluhan (melingkupi 5 Klaster hak anak: Klaster Hak Sipil dan Kebebasan, Klaster Lingkungan dan Pengasuhan Alternatif, Klaster Kesehatan Dasar Dan Kesejahteraan, Klaster Pendidikan dan Pemanfaatan Waktu Luang, dan Klaster Perlindungan Khusus). Selain itu untuk menunjang terlaksananya program-program KRA dibentuk Forum Anak Kampung RW 09 Patangpuluhan (melingkupi Komisi Perlindungan, Komisi Pendidikan, Komisi Kesehatan, Komisi Partisipasi, Komisi Jaringan) dibawah pembinaan langsung Lurah Patangpuluhan.


Mitra Kami