Ragam Pola Asuh Anak

Oleh: admin - November 30 -0001 0 Komentar

Dalam membangun sebuah keluarga tentunya kita akan dihadapkan oleh berbagai macam tantangan, salah satunya adalah membesarkan si kecil dengan cara mendidik yang baik dan benar. Itu karena apa yang diajarkan pada si kecil akan selalu melekat hingga ia beranjak dewasa.

Oleh karena itu tentunya ayah dan bunda harus menemukan ramuan yang tepat dalam mengasuh putra putri terkasihnya.Berbicara tentang arti pola asuh sendiri adalah:

perlakuan dari orangtua dalam rangka memberi perlindungan dan pendidikan anak dalam kehidupan sehari-hari serta bagaimana sikap orangtua dalam berhubungan dengan anak-anaknya.” (Menurut: Monks, Knoers, dan Haditono, 1994)

Untuk itu perlu diingat bersama bahwa keberhasilan anak dalam membentuk tingkah laku di masyarakat ditentukan oleh lingkungan keluarga khususnya orang tua dalam mengembangkan dan mengarahkan kemampuan anak mereka.

Setiap pasangan tentu mempunyai cara mendidik yang berbeda terhadap anaknya. Menurut Diana Baumrind, orang tua memiliki tiga gaya pola asuh,diantaranya sebagai berikut

1.Otoriter

Ini adalah gaya yang sangat ketat. Orang tua menetapkan aturan dengan harapan anak-anaknya dapat mengikuti aturan tersebut. Jika tidak mengikuti aturan, anak-anak biasanya akan mendapat hukuman.

Orang tua yang mengikuti gaya ini biasanya tidak membicarakannya terlebih dahulu dengan si kecil. Imbasnya, si kecil akan cenderung tidak dapat menentukan pilihannya sendiri pada masa mendatang karena sejak kecil jarang diberi kesempatan untuk berbicara atau mengungkapkan pendapatnya.

2.Demokratis

Orang tua jauh lebih terbuka untuk mendengarkan perkataan anak dan memahami kebutuhan mereka. Dalam membuat aturan, ayah dan bunda yang menerapkan pola asuh ini akan cenderung lebih terbuka.

Meski memantau dan mengawasi perilaku anak-anak, orang tua tidak akan ikut campur dalam kehidupan anak misalnya ketika mencari teman. Anak-anak yang sejak kecil mendapatkan pola asuh seperti ini biasanya akan lebih pandai dalam melakukan beberapa pertimbangan.

3.Serba boleh

Gaya pola asuh ini biasa dikenal dengan pola asuh permisif. Tipe orang tua yang mempunyai pola asuh permisif cenderung selalu memberikan kebebasan pada anak tanpa memberikan kontrol sama sekali. Anak sedikit sekali dituntut untuk suatu tangung jawab, tetapi mempunyai hak yang sama seperti orang dewasa. Menurut Spock (Aisyah, 2010), anak-anak dengan pola asuh ini cenderung sangat lemah dalam kedisiplinan.

 

 

Tambah Komentar

Komentar Pembaca 0


Mitra Kami